Berita Retail

PD Pasar Jaya Digugat Rp 1 T oleh Pedagang Pasar Melawai

leave a comment »

<!–Banner–>Jakarta – Gugatan perdata diajukan oleh para pedagang Pasar Melawai atas PD Pasar Jaya cs. Dalam gugatan immaterilnya, para pedagang meminta Rp 1 triliun.

Gugatan diajukan terkait pembangunan kembali Pasar Melawai Blok M. Padahal tidak ada kesepakatan dalam pembangunan kembali tersebut.

Pada Selasa (5/2/2008), sidang dibuka di Pengadilan Negari Jakarta Pusat, Jl Gadjah Mada, Jakarta.

Namun, karena hakim ketua Panusunan Harahap tidak ada di tempat dan tergugat lain tidak datang, maka belum ada perkembangan sidang. Selain menggugat PD Pasar Jaya, para pedagang juga menggugat PT Wijaya Wisesa, dan PT Melawai Jaya Realty.

Kasus bermula karena PT Wijaya Wisesa dan PT Melawai Jaya Realty dinilai melanggar hak subjektif para pedagang. Hal itu karena membuat perjanjian kerjasama terkait pembangunan kembali Pasar Melawai Blok M tanpa ada kesepakatan dengan pedagang.

Pasar Melawai Blok M terdiri dari 4 gedung yaitu bangunan Pasar Blok M tahap I, bangunan Pasar Blok M tahap II, bangunan Bowling Center, dan Aldiron Plaza.

Saat bangunan Pasar Blok M tahap I dan II terbakar, keempat bangunan diratakan tanah. Namun selanjutnya, pembangunan peremajaan pasar dilakukan tanpa kesepakatan dengan pedagang.

Perjanjian kerjasama ditandatangani PD Pasar Jaya dan PT Melawai Jaya Realty selaku anak perusahaan PT Wijaya Wisesa. Padahal tidak ada kesepakatan apapun dengan pedagang Pasar Melawai Blok M.

Hal itu dinilai sebagai rekayasa keji yang menindak hak-hak para pedagang. Akibatnya para pedagang mengalami kerugian immateriil karena dizalimi, dikangkangi, dan dipasung hak-haknya.

Untuk itu, para penggugat memohon ganti rugi immateriil sekurang-kurangnya sebesar Rp 1 triliun. Mereka meminta hakim untuk menyatakan proyek pembangunan kembali Pasar Melawai Blok M dalam status quo.

PT Melawai Jaya Realty juga diminta membayar uang paksa Rp 1 miliar per hari yang dapat ditagih segera dan sekaligus oleh para penggugat. Sidang akan dibuka lagi 19 Februari 2008.

Written by brammantya kurniawan

July 24, 2008 at 11:22 am

Posted in Pasar Tradisional

Tagged with

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: