Berita Retail

LMIR Trust Akuisisi Sun Plaza Medan

leave a comment »

Jakarta – Lippo-Mapletree Indonesia Retail Trust (LMIR Trust) mengumumkan rencana akuisisinya mal Sun Plaza di Medan, Sumatera Utara senilai Rp 980 miliar.

Transaksi yang setara dengan S$ 147,4 juta ini merupakan akuisisi pertama yang dilakukan LMIR Trust sejak listing di Bursa Efek Singapura pada November 2007. Akuisisi ini akan meningkatkan nilai aset portofolio LMIR Trust sebesar 20%, sehingga total Net Lettable Area (NLA) menjadi 376.035 meter persegi.

Chief Executive Officer LMIR Trust, Viven G. Sitiabudi dalam siaran persnya, Senin (7/5/2008), mengatakan, akuisi yang meningkatkan imbal hasil ini merupakan langkah penting yang akan meningkatkan nilai aset portofolio LMIR Trust sebesar 14,7%, dari S$ 1.004,7 juta menjadi S$ 1.152,1 juta.

PT Lippo Karawaci Tbk melalui anak perusahaannya, PT Consulting & Management Services Division (CMSD) akan mengelola mal Sun Plaza. Hal ini akan menjadikan CMSD sebagai operator mal terbesar di Indonesia yang mengelola 8 mal, yaitu Plaza Semanggi, Cibubur Junction, Mal Lippo Cikarang, Eka Lokasari Bogor, Gajah Mada Plaza, Bandung Indah Plaza, Istana Plaza dan Sun Plaza Medan.

Sun Plaza adalah mal menengah atas yang berada di kawasan komersial strategis kota Medan yang berdiri di atas lahan seluas lebih dari 29.000 meter persegi. Total luas bangunan Sun Plaza adalah lebih dari 87.000 meter persegi dengan total area yang disewakan lebih dari 62.000 meter persegi.

Hingga akhir April 2008, hampir 97% dari total area yang disewakan telah terisi, dengan penyewa utama Sogo Department Store, Hypermart, Ace Hardware serta banyak brand lokal dan internasional terkemuka lainnya.

Saat ini, CMSD telah melakukan berbagai negosiasi dengan beberapa retailer terkemuka di Indonesia dan internasional yang telah bekerja sama di beberapa aset LMIR Trust yang lain, tetapi belum bergabung di mal Sun Plaza.

Lippo-Mapletree Indonesia Retail Trust Management Ltd. (LMIR Trust) adalah perusahaan patungan yang dibentuk PT Lippo Karawaci Tbk. dan Mapletree, dengan komposisi 60% untuk Lippo Karawaci dan 40% dimiliki oleh Mapletree.

Aset portofolio awal LMIR Trust terdiri dari 7 (tujuh) mal ritel dan 7 (tujuh) area ritel dalam mal ritel, dengan nilai sebesar S$ 1.004,7 juta. Lokasi mal ritel yang dimiliki LMIR Trust tersebar di beberapa kota besar di Indonesia, dengan cakupan populasi yang luas serta memiliki kemudahan dalam akses transportasi.

Written by brammantya kurniawan

July 25, 2008 at 8:43 am

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: